Tiflis Bali, Georgian Cuisine

(English Version) Perkembangan restaurant di Bali sekarang terlihat semakin menarik, mulai banyak restaurant yang menyajikan menu yang ga biasa seperti salah satu restaurant di daerah Umalas bernama Tiflis yang menyajikan masakan otentik dari Georgia. Georgia merupakan sebuah negara di Eropa yang berbatasan dengan Rusia, Azerbaijan dan Turki.

Restaurant kecil ini dihias seperti rumah tradisional di Georgia lengkap dengan oven yang terbuat dari batu di teras depan nya. Oven yang disebut tone’ ini digunakan untuk memanggang roti (flat bread) setiap hari nya.

Untuk pilihan appetizer disini lebih banyak menyajikan menu vegetarian seperti Eggplant Walnut Roll (43K) yang berupa kacang walnut yang dibumbui dan digulung dengan terong. Mushroom with Suluguni (40K) yaitu jamur panggang yang diisi dengan homemade cheese (yes they make their own cheese :)).

Penasaran dengan roti nya saya mencoba salah satu menu Khachapuri (pie yang diisi dengan keju dan dipanggang) yang bernama Khachapuri Ajaruli (60K), pie crust nya dibentuk seperti perahu dan diisi dengan keju dan telur mentah. Cara memakan Ajaruli ini adalah dengan mencampur telur mentah dan keju nya saat masih dalam keadaan panas supaya telurnya matang. Tekstur pie crust nya sendiri menyerupai pizza crust, karena crust nya cukup padat jadi saya makan ¼ porsi saja udah berasa penuh 🙂

Salah satu menu disini yang bikin saya penasaran adalah Dolma (70K), yaitu daging cincang yang dibumbui dengan rempah-rempah lalu di wrap dengan daun anggur, what? Daun anggur? Yup saya baru pertama kali tau daun anggur bisa dimakan makanya penasaran hehe.. Dolma ini disajikan dengan garlic infused homemade yoghurt dengan rasa yang gurih, sedikit asam dan aromatic.

Disini juga menyediakan menu Kebab (78K), tapi untuk dagingnya agak berbeda dengan kebab Turki yang biasanya menggunakan daging yang diiris tipis-tipis, disini daging kebabnya dibentuk seperti sosis kemudian di wrap dengan lavash bread.

Tarkhun (20K) yang merupakan Lemonade khas Georgia terbuat dari ekstrak tarragon dan soda memiliki rasa segar dan aromatic. Minum lemonade ini dingin-dingin sukses bikin saya lebih fresh dan siap melanjutkan aktivitas di tengah panasnya cuaca Bali sekarang ini.

Sedikit info saja, nama Tiflis sendiri merupakan nama lama ibukota Georgia, yang sekarang sudah berganti nama menjadi Tbilisi.

Tiflis Bali
Jl. Umalas II no 62
Kerobokan
Ph. +62361 4732397
www.TiflisBali.com
IG @TiflisBali

2 Comments Add yours

What do you think about this article?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s