Xich Lô Warung Vietnam

(English Version) Pertama kali dapat info tentang warung satu ini dari teman yang sukses posting foto Beef Pho di facebook page foodcious kami dan bikin saya ngiler. Xich Lô warung vietnam ini berlokasi di Pengubengan, Kerobokan, setelah 2 kali bolak-balik cari lokasi warung ini, akhirnya ketemu juga dengan bangunan warung kecil yang hanya memiliki 5 meja ini. Menyandang nama Xich Lô yang artinya becak dalam bahasa Vietnam, sang owner ingin customer yang datang bisa bersantai-santai, laid back sambil menikmati pemandangan sawah di belakang warung ini dan menyantap makanan fresh dan otentik Vietnam. Dilengkapi dengan foto-foto mengenai vietnam dan furniture yang unik, salah satunya yang saya notice adalah meja makan yang menggunakan kaki mesin jahit sebagai kaki meja nya.


Makanan disini selalu dibuat fresh dengan bahan-bahan segar terutama untuk sayurannya. Pertama-tama saya mencoba Cà Phê (20K) kopi vietnam yang disajikan dengan condense milk, buat saya yang tidak mengerti tentang kopi bisa sangat menikmati kopi ini, dengan aroma yang nutty, rasanya tidak terlalu asam dan meskipun ditambah dengan condense milk rasanya tidak manis tapi pas. Untuk menikmati kopi vietnam ini harus sabar karena kopi ini menggunakan filter dan kopinya menetes sedikit demi sedikit (but it worth the wait). Kopi saya sore itu ditemani dengan Gòi Cuõn (25K) lumpia berisi udang, vermicelli noodle, sayur-sayuran dan berbagai herbs dibungkus dengan fresh rice paper. Lumpia yang terasa ringan dan segar ini dimakan dengan dipping sauce dari fish sauce, cabai dan bawang putih sehingga terasa sedikit pedas, asin dan asam yang balance. Buat yang tidak suka udang bisa pilih tofu atau ayam untuk isinya.
Kalau mau cari yang lebih ringan bisa mencoba Gòi Du Dù (18K) papaya salad ditaburi kacang yang crunchy ini cocok banget untuk appetizer karena perpaduan rasa  asam dan pedasnya sangat membangkitkan selera makan.


Com Thit Nuóng (35K) merupakan salah satu menu favorit disini, saya suka rasa irisan pork belly yang smokey dikombinasikan dengan nasi kuning aroma jahe ditambah lagi dengan crispy pork spring roll nya, enak banget pastinya. Ga ketinggalan Phò Chin (30K) yang biasa kita kenal dengan Beef Phò, pertama saya coba kaldunya, rasa kaldunya ringan tidak berlemak ditambah dengan aroma herbs yang pas dicampurkan didalamnya. Di beberapa tempat phò yang saya temui biasanya terdapat aroma daun coriander yang kuat di dalam kaldunya, kalau disini daun coriander nya pas tanpa mendominasi rasa di menu itu sendiri. Fresh noodle yang dipakai juga berkualitas sehingga rasanya lembut dan tidak kering. Untuk pelengkapnya disediakan tauge, jeruk nipis dan daun kemangi buat yang suka menambah aroma dan rasa dalam makanan ini.


Dan yang paling menyenangkan buat saya porsi makanan disini benar-benar pas, jadi ga bikin kita berlebihan kenyangnya pastinya ga bikin ngantuk juga. Buat yang cari option makanan yang sehat, fresh, sambil santai-santai dan harganya sangat terjangkau, harus coba ke Xich Lô warung vietnam ini. Sekarang ini Xich Lô buka dari jam 11 siang sampai jam 4 sore untuk hari Selasa – Kamis, dan untuk Jumat – Minggu buka jam 11 siang sampai jam 9 malam.

TehXich Lô warung vietnam
Jalan Pengubengan
Kerobokan, Bali, Indonesia 80361
http://www.facebook.com/XichLoBali

4 Comments Add yours

  1. Lyle Barker says:

    Would be nice to have this in English as well….Thank you

    1. -monte- says:

      Due to the high demand, we’re still preparing another website for the English version. It might take a while due the limited resources. Thank you for your support and have a nice day 🙂

    2. -monte- says:

      Hi Lyle, now we have the English version of this post, you can check it on this link http://goo.gl/lMTpXI. Enjoy

    3. Ermando says:

      Hi, after 1 year we now already start to have the english version for foodcious.com. and for this article you can visit: http://foodciousenglish.wordpress.com/2013/09/21/xich-lo/ thansk a lot for your input & support

What do you think about this article?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s