Tapis Restaurant, Kayumanis Resort Jimbaran

Indonesia itu tidak hanya terkenal akan objek wisatanya tapi juga akan kekayaan alamnya, termasuk di dalamnya adalah rempah-rempah asli Indonesia. Oleh karena itu kuliner di Indonesia pun tidak luput dari rasa rempah yang kaya. Kali ini saya menuju ke daerah Jimbaran, untuk menikmati berbagai masakan Indonesia di sebuah restaurant bernama Tapis yang berlokasi di Kayumanis Resort Jimbaran.

Restaurant satu ini merupakan salah satu unit villa mereka yang dirubah menjadi restaurant, dengan design yang homey dan cozy meskipun saya pilih duduk di area outdoor nya pun tetap breezy sama sekali ga panas. Karena tadinya restaurant ini merupakan salah satu unit villa makanya lengkap ada swimming pool-nya juga. Karena space yang tidak terlalu besar dan mejanya juga tidak terlalu banyak jadi privacy nya masih berasa, cocok kalau mau cari suasana yang tenang.

Disini kami mencoba bermacam menu mulai dari Selada Sapi (70K), ini salad ala Indonesia yang terdiri dari kacang panjang dan daging sapi, rasanya sendiri mirip seperti sayur lawar Bali dengan bumbu kari yang ringan.

Appetizer berikutnya adalah Tongkol Sambal Matah (65K), menu yang satu ini tampilannya mirip seperti tuna tataki, fillet ikan tunanya dilapisi dengan butiran-butiran wijen yang menambah aroma pada ikan tunanya disajikan dengan sambal matah khas Bali yang segar.

Untuk main course kalau tertarik mencoba bermacam-macam menu yang ada disini bisa mencoba Risjtaffel. Risjtaffel sendiri sebenarnya merupakan cara penyajian makanan untuk jamuan pesta yang berkembang pada masa kolonialisme, dimana nasi disajikan bersama beberapa jenis hidangan. Risjtaffel di Tapis merupakan perpaduan hidangan dari beberapa daerah di Indonesia yang terdiri dari Sate Lilit Ayam yang gurih dengan perpaduan rempah-rempah dan kelapa khas sate lilit; Mangut Ikan yang terbuat dari ikan kakap yang disiram saus cabai dan memiliki aroma sereh yang segar; Kare Ayam Java yaitu kari ayam yang dilengkapi dengan sayuran. Ga ketinggalan di dalam risjtaffel ini pun ada menu khas Bali yaitu Bebek Betutu serta menu khas Padang Rendang Sapi yang empuk dan asli enak banget. Last but not least dari deretan menu di risjtaffel ini adalah Udang Saus Pete yaitu udang yang dimasak dengan cabai ditambah aroma petenya, seru dan lengkap kan isi risjtaffenya? O iya sedikit rekomendasi aja karena standard makanan disini tidak pedas, buat yang suka makanan pedas mungkin bisa request untuk ditambah tingkat kepedasannya.

Berhubung lagi butuh yang segar-segar, buat menemani lunch saya pilih Mango Breeze (75K) yang merupakan kombinasi mangga, strawberry dan nanas. Sementara suami saya pilih Tapis Harmony (75K) campuran melon, nanas, cinnamon water, coconut milk, dan madu dengan tekstur yang lebih creamy.

Setelah nyoba berbagai menu khas nusantara, kayanya kurang seru kalau belum nyoba dessert tradisional Indonesia yah? Dessert yang pertama saya coba ini sangat menarik namanya Klepon Nila Sari (50K) kalau klepon kan biasanya warnanya hijau, nah kalau disini klepon nya berwarna ungu karena dibuat dari ubi ungu, texture nya yang sangat lembut juga berbeda dari klepon pada umumnya, benar-benar melts in your mouth. Dan yang uniknya lagi klepon disini disajikan dengan ice cream kacang hijau, definitely my personal favorite.

Familiar dengan makanan tradisional yang namanya wingko? Nah disini ada juga tuh namanya Wingko Tape (55K) wingko disini disajikan dengan tape ketan. Mulai dari aroma kelapa, wijen, serta tape hijau semuanya dikombinasikan dengan mantap dalam dessert ini.

Dessert-dessert saya ini ditemani sama Kayumanis Signature Tea (30K) teh ini memiliki kombinasi rasa asam dari lemon, manis nya madu dan sedikit pedas nya jahe ditambah aroma kayumanis yang khas. Teh ini pas banget buat nemenin dessert-dessert saya.Signage

 

Tapis Restaurant
Kayumanis Resort Jimbaran
Jalan Yoga Pekanthi
Jimbaran, Bali
62361-705777
Facebook: Tapis Restaurant
T
witter: @KayumanisResort

What do you think about this article?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s